PENGARUH METODE
PEMBELAJARAN TEAM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 05
KALIKUNING KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015
A.
Batasan
Masalah
Variabel
bebas : Metode Pembelajaran Team
Teaching
Variabel
terikat : Hasil Belajar IPS
Subjek
penelitian : Siswa kelas V SDN 05
Kalikuning kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015
B.
Rumusan
Masalah
Apakah ada Pengaruh Metode pembelajaran
Team Teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05 Kalikuning
Kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015?
C.
Tujuan
Penelitian
Untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Teaching terhadap hasil belajar
IPS siswa kelas V SDN 05 Kalikuning
kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015.
D.
Rumusan
Hipotesis
Ada
pengaruh metode pembelajaran Team Teaching terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN 05 Kalikuning kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015.
E.
Definisi
Operasional Variabel
1. Variabel
Bebas
metode
pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang
sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam
mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Nana
Sudjana, 2005). Jadi, metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi
yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa
untuk mencapai tujuan.
Metode
pembelajaran team teaching adalah suatu pengajaran yang dilaksanakan oleh
beberapa guru, guru menyajikan bahan pelajaran dengan metode mengajar beregu,
siswa dibagi kedalam beberapa kelompok. Guru menyajikan bahan pengajaran yang
sama dalam waktu dan tujuan yang sama. Pelaksanaan belajarnya dapat dilakukan
dengan metode ceramah atau dengan metode diskusi panel (Ahmadi dan Prasetya,
2005).
Secara
operasional metode pembelajaran team teaching memuat langkah-langkah sebagai
berikut :
1).
Guru yang tergabung dalam Team Teaching menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran dan metode pembelajaran bersama.
2).
Guru yang tergabung dalam Team Teaching membagi peran dan tanggungjawab antar
anggotanya.
3).
Guru yang tergabung dalam anggota Team Teaching yang terdiri dari dua orang
guru atau lebih memasuki ruang kelas, dan membagi siswa kedalam beberapa
kelompok kecil.
4).
Pelaksanaan bersama, seorang guru sebagai penyaji atau menyampaikan informasi,
seorang guru membimbing diskusi.
5).
Atas kesepakatan bersama guru memberikan soal-soal evaluasi kepada siswa, baik
lisan ataupun tulisan, baik pilihan ganda, uraian, atau kombinasi antara
keduanya.
2. Variabel
Terikat
Secara operasional
hasil belajar dengan metode team teaching dalam penelitian ini adalah hasil
belajar yang dicapai oleh peserta didik dalam mata pelajaran IPS kelas V
Sekolah Dasar Negeri 05 Kalikuning pada tahun ajaran 2014/2015. Secara khusus
hasil belajar berupa nilai yang dicapai oleh peserta didik dalam tes hasil
belajar pada kompetensi dasar “Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah
dan Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia”. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai individu. Nilai individu meliputi
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dikaji menyangkut ranah kogniti.
Peneliti akan mengeksperimenkan hasil belajar siswa dengan cara pre test dan
post tes.
F.
Metode dan Desain Penelitian
1. Metode
Penelitian
Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen, yaitu suatu penelitian
ilmiah yang menuntut peneliti memanipulasikan dan mengendalikan satu atau lebih
variabel bebas serta mengamati variabel terikat, untuk melihat perbedaan yang
sesuai dengan manipulasi variabel-variabel tersebut.
2. Desain
Penelitian
Dalam
penelitian ini melibatkan siswa kelas VA dan kelas VB SDN Kalikuning 05, dimana
kelas VA akan menjadi kelompok percobaan dan kelas VB akan menjadi kelompok
kontrol. Kelompok percobaan akan diberikan materi IPS dengan metode team
teaching dan kelompok kontrol akan diberikan materi IPS dengan metode konvensional.
“Randomized Control Group
Pretest-Posttest”
|
Pengukuran
Pre-test
|
Perlakuan
|
Pengukuran
Post-test
|
Kelompok
Percobaan
|
Y1
|
X
|
Y2
|
Kelompok
Kontrol
|
Y1
|
---
|
Y2
|
Keterangan:
Y1 : Hasil Belajar IPS siswa sebelum
perlakuan
X : Perlakuan (Metode Team Teaching)
Y2 : Hasil belajar IPS siswa setelah
perlakuan
G.
Teknik
Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian
1. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS SD kelas V
SDN 05 Kalikuning dengan metode pembelajaran Team Teaching adalah teknik tes bentuk
pilihan ganda, teknik ini digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS
siswa dan seberapa besar kemampuan siswa memahami materi IPS yang disampaikan
melalui metode Team Teaching.
2. Instrumen
Penelitian
Instrumen tes yang
dimaksud adalah untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Tes diberikan pada
akhir pertemuan. Bentuk tes berupa pilihan ganda mencakup ranah kognitif C2
(pemahaman) yang disusun berdasarkan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa
kelas V SD. Beberapa kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut: (1) Mengenal makna peninggalan-peninggalan
sejarah, (2) Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
di Indonesia, (3) Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian
wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media
lainnya, (4) Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, dan (5) Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.Dari kelima kompetensi
dasar tersebut, hanya dua kompetensi dasar yang akan diukur, yakni kompetensi
dasar tentang “Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah dan menceriterakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, ”. Instrumen
tes untuk mengukur pemahaman konsep IPS dengan menerapkan model pembelajaran
tematik tersebut dikembangkan berdasarkan kisi-kisi di bawah ini.
Kisi-kisi Tes Hasil Belajar IPS
|
Indikator
tes hasil belajar IPS
|
Jumlah
Soal
|
||
Konjungtif
|
Disjungtif
|
Korelasional
|
||
Sebaran
nomor butir soal
|
1,
2, 3
|
4,
5, 6, 7
|
8,
9, 10
|
|
Jumlah
Soal
|
3
|
4
|
3
|
10
|
H.
Teknik
Analisis Data
Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik t.test, teknik komputasi statistik yang digunakan untuk uji beda
dua rata-rata, yakni untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa antara
yang menggunakan metode Team Teaching dengan pembelajaran konvensional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar