Jumat, 12 Desember 2014

EKSPERIMEN



PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 05 KALIKUNING KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015

A.    Batasan Masalah
Variabel bebas          : Metode Pembelajaran Team Teaching
Variabel terikat         : Hasil Belajar IPS
Subjek penelitian     : Siswa kelas V SDN 05 Kalikuning kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015
B.     Rumusan Masalah
Apakah ada Pengaruh Metode pembelajaran Team Teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05 Kalikuning Kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015?  
C.    Tujuan Penelitian 
Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05  Kalikuning kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015.
D.    Rumusan Hipotesis
Ada pengaruh metode pembelajaran Team Teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05 Kalikuning kabupaten Pacitan tahun ajaran 2014/2015.
E.     Definisi Operasional Variabel

1.    Variabel Bebas
metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Nana Sudjana, 2005). Jadi, metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan.
Metode pembelajaran team teaching adalah suatu pengajaran yang dilaksanakan oleh beberapa guru, guru menyajikan bahan pelajaran dengan metode mengajar beregu, siswa dibagi kedalam beberapa kelompok. Guru menyajikan bahan pengajaran yang sama dalam waktu dan tujuan yang sama. Pelaksanaan belajarnya dapat dilakukan dengan metode ceramah atau dengan metode diskusi panel (Ahmadi dan Prasetya, 2005).
Secara operasional metode pembelajaran team teaching memuat langkah-langkah sebagai berikut :  
1). Guru yang tergabung dalam Team Teaching menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan metode pembelajaran bersama.
2). Guru yang tergabung dalam Team Teaching membagi peran dan tanggungjawab antar anggotanya.
3). Guru yang tergabung dalam anggota Team Teaching yang terdiri dari dua orang guru atau lebih memasuki ruang kelas, dan membagi siswa kedalam beberapa kelompok kecil.
4). Pelaksanaan bersama, seorang guru sebagai penyaji atau menyampaikan informasi, seorang guru membimbing diskusi.
5). Atas kesepakatan bersama guru memberikan soal-soal evaluasi kepada siswa, baik lisan ataupun tulisan, baik pilihan ganda, uraian, atau kombinasi antara keduanya.

2.    Variabel Terikat
Secara operasional hasil belajar dengan metode team teaching dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dalam mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Kalikuning pada tahun ajaran 2014/2015. Secara khusus hasil belajar berupa nilai yang dicapai oleh peserta didik dalam tes hasil belajar pada kompetensi dasar “Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah dan Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia”. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai individu. Nilai individu meliputi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dikaji menyangkut ranah kogniti. Peneliti akan mengeksperimenkan hasil belajar siswa dengan cara pre test dan post tes.


F.     Metode  dan Desain Penelitian
1.      Metode Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen, yaitu suatu penelitian ilmiah yang menuntut peneliti memanipulasikan dan mengendalikan satu atau lebih variabel bebas serta mengamati variabel terikat, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variabel-variabel tersebut.
2.      Desain Penelitian
Dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VA dan kelas VB SDN Kalikuning 05, dimana kelas VA akan menjadi kelompok percobaan dan kelas VB akan menjadi kelompok kontrol. Kelompok percobaan akan diberikan materi IPS dengan metode team teaching dan kelompok kontrol akan diberikan materi IPS dengan metode konvensional.
“Randomized Control Group Pretest-Posttest”

Pengukuran
Pre-test
Perlakuan
Pengukuran
Post-test
Kelompok Percobaan
Y1
X
Y2
Kelompok Kontrol
Y1
---
Y2

Keterangan:
Y1       : Hasil Belajar IPS siswa sebelum perlakuan
X         : Perlakuan (Metode Team Teaching)
Y2       : Hasil belajar IPS siswa setelah perlakuan

G.    Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian
1.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS SD kelas V SDN 05 Kalikuning dengan metode pembelajaran Team Teaching adalah teknik tes bentuk pilihan ganda, teknik ini digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS siswa dan seberapa besar kemampuan siswa memahami materi IPS yang disampaikan melalui metode Team Teaching.
2.      Instrumen Penelitian
Instrumen tes yang dimaksud adalah untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Tes diberikan pada akhir pertemuan. Bentuk tes berupa pilihan ganda mencakup ranah kognitif C2 (pemahaman) yang disusun berdasarkan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas V SD. Beberapa kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut: (1) Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah, (2) Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, (3) Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya, (4) Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, dan (5) Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.Dari kelima kompetensi dasar tersebut, hanya dua kompetensi dasar yang akan diukur, yakni kompetensi dasar tentang “Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah dan menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, ”. Instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep IPS dengan menerapkan model pembelajaran tematik tersebut dikembangkan berdasarkan kisi-kisi di bawah ini.
Kisi-kisi Tes Hasil Belajar IPS

Indikator tes hasil belajar IPS
Jumlah Soal
Konjungtif
Disjungtif
Korelasional
Sebaran nomor butir soal
1, 2, 3
4, 5, 6, 7
8, 9, 10

Jumlah Soal
3
4
3
10

H.    Teknik Analisis Data
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik t.test, teknik komputasi statistik yang digunakan untuk uji beda dua rata-rata, yakni untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa antara yang menggunakan metode Team Teaching dengan pembelajaran konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar