RENCANA
PELAKSANAAN
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Identitas
Nama Sekolah : SMP
Negeri 1 Widodaren, Ngawi
Kelas/Semester :
VII/1 (Ganjil)
Jenis Layanan : Layanan Dasar Bimbingan
Bidang Bimbingan :
Belajar
Fungsi
Layanan : Pengembangan dan
Pemeliharaan
Topik :
Motivasi
Belajar
Alokasi Waktu :
1
x Pertemuan
B. Kompetensi
1.
Standar
Kompetensi:
Memiliki
motivasi dalam belajar yang tinggi.
2.
Kompetensi
Dasar:
Mampu
belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat.
3.
Indikator/Tujuan
Layanan :
Setelah mendapat layanan informasi
konseli dapat:
a)
Menjelaskan pengertian
motivasi belajar
b)
Menyebutkan pengaruh
motivasi terhadap belajar
c)
Menyebutan jenis-jenis
motivasi belajar
d)
Menjelaskan cara
meningkatkan motivasi belajar
4. Nilai
karakter: Disiplin, tanggung jawab, kreatif, mandiri, gemar membaca.
C. Materi
1.
Pengertian Motivasi
2.
Pengaruh Motivasi
terhadap Belajar
3.
Jenis-jenis Motivasi
Belajar
4.
Cara Meningkatkan
Motivasi
D. Metode:
Diskusi dan pemberian tugas
E. Kegiatan Bimbingan
No
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pembukaan
|
a.
Penyampaikan
salam dan mengajak berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan
penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak
dan bertanggung jawab berkenaan dengan materi pembelajaran atau pelayanan
yang akan dibahas.
d.
Penyampaian rencana kegiatan dan tujuan pelayanan BK
|
10 menit
|
2
|
Transisi
|
a.
Penyampaian penjelasan diskusi dan pemberian tugas
yang akan dilaksanakan pada kegiatan selanjutnya
b.
Pengamatan kesiapan konseli memasuki kegiatan
selanjutnya
|
5 menit
|
3
|
Kegiatan Inti
|
a.
Penyampaian materi Movitasi Belajar dengan memutarkan slide
b.
Pengajuan pertanyaan kepada konseli tentang hal-hal
yang belum diketahui/dikuasai
c.
Stimulasi konseli untuk merefleksikan pengalaman
bimbingan yang telah diperoleh
|
65 menit
|
4
|
Penutup
|
a.
Pemberian motivasi agar konseli menyimpulkan
pengalaman bimbingan yang diperoleh
b.
Pemberian motivasi agar konseli dapat mengatasi
kesulitan belajar
c.
Penyampaian Lembar Kerja Konseli untuk dikerjakan
dirumah sebagai tugas untuk mengetahui perolehan belajar dalam pelayanan BK
|
10 menit
|
- Sumber/Media
Sumber : Modul BK :
1.
Bimbingan
Konseling Belajar
2.
Panduan
Belajar dan Latihan Soal Bimbingan Konseling SMP Kabupaten Ngawi
3.
Bahan dan
Pelatihan Bimbingan Konseling
Media : Lembar Tugas
- Evaluasi
1.
Evaluasi segera
dilaksanakan dengan mengobservasi aktivitas konseli pada saat melakukan diskusi
2.
Evaluasi jangka
pendek dilaksanakan dengan memberi tugas kepada konseli untuk mengerjakan
Lembar Kerja Konseli
3.
Instrumen
Observasi :
a.
Lembar Kerja
Konseli
b.
Pedoman
Observasi
Catatan :
…………………………………………………………………………………………...............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ngawi, Juli 2014
Mengetahui, Konselor,
Kepala Sekolah
Drs.
Ahmad Tohari. M.Pd Susi Susana
NIP.
131 290 072 NIP. 13 121 026
Lampiran 1
MATERI LAYANAN
1.
Pengertian Materi
Salah
satu faktor yang mendorong seseorang untuk berperan aktif dalam melakukan
sesuatu adalah dorongan atau motif. Motif berarti keadaan dalam diri. Seseorang
untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata
lain motif merupakan sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
Motif secara kodrat dimiliki oleh setiap manusia baik tua maupun muda. Setiap
orang memiliki motivasi yang berbeda-beda ada yang tinggi, ada yang rendah, ada
yanng kuat dan ada yang lemah.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia
motivasi adalah dorongan yang timbul padadiri seseorang secara sadar atau tidak
sadaruntuk melakukan suatu tindakan untuk tujuan tertentu. Secara psikologis
motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang tergerak untuk
melakuakan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendaki dan ingin
mendapat kepuasan dari perbuatanya.
2.
Pengaruh Motivasi
terhadap Belajar
Menurut
Ellis Ormond dalam bukunya berjudul Educational Psychology (dalam Panduan
Belajar dan Latihan Soal BK SMP Kab. Ngawi, 2014:42) pengaruh motivasi adalah
sebagai berikut :
a. Motivasi
mengarahkan seseorang untuk mecapai target
b. Motivasi
meningkatkan energi dan usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai target
c. Motivasi
mendorong seseorang untuk dapat melakukan sesuatu kegiatan
d. Motivasi
mempengaruhi prosese berpikir seseorang
e. Motivasi
menujukan konsekuensi apa yang diinginkan
f. Motivasi
meningkatkan penampilan atau prestasi
3.
Jenis-jenis Motivasi
Motivasi
ada dua macam yaitu motivasi erasal dari dalam diri seseorang (intristik) dan
motivasi yang berasal dari luar diri inividu (ekstrinsik).
Motivasi
yang paling baik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri individu dari
pada motivasi yang berasal dari luar diri individu. Misal motivasi intrinsik
adalah anda mau belajar karena anda senang dan ingin mempunyai nilai yang
bagus. Sedangkan ekstrinsik adalah anda belajar karena ada motif-motif
tertentu, anda belajar untuk di sanjung atau diberi hadiah dari orang tua. Siswa
yang memiliki motivasi secara intistik biasanya menujukkan keinginan yang lebih
untuk terlibat dalam proses belajar dan pengerjaan tugas.
4.
Cara Meningkatkan
Motivasi
a. Dalam
setiap usaha belajar perlu ditetapkan niat dan tujuan yang jelas
b. Merencanakan
kegiatan belajar yang baik
c. Memahami
setiap hambatan yang dihadapi dalam belajar
d. Selalu
intropeksi dan mengembangkan kesadaran untuk lebih memahami diri
e. Mau
menerima masukan dari orang lain serta linngkungan kita tinggal
f. Memahami
norma-norma tentang belajar yang baik
g. Mempunyai
rencana masa depan
h. Berpikir
positif
i.
Belajar lebih tekun
j.
Belajar dari pengalaman
k. Belajar
mandiri dan kelompok
l.
Belajar dari berbagai
sumber
m. Selalu
bersyukur jika mendapat kemudahan dan keberhasilan belajar
n. Memulai
dan mengakhiri belajar dengan doa.
Lampiran 2
TUGAS SISWA
1. Pengertian
Motivasi belajar
a. Apa
yang dimaksud dengan motivasi belajar?
.................................................
...........................................................................................................................
b. Menurut
anda, agar anda mempunyai motivasi belajar yang tinggi, apa yang harus
dilakukan guru untuk anda?.....................................................................
.........................................................................................................................
2. Pengaruh
motivasi terhadap belajar
a. Menurut
anda apakah setiap manusia membutuhkan motivasi? Berikan
alasanya!...........................................................................................................
b. Coba
jelaskan apa pengaruh motivasi terhadap belajar anda?..................................................................................................................
3. Jenis-jenis
motivasi belajar
a. Sebutkan
jenis-jenis motivasi!...........................................................................
.........................................................................................................................
b. Berilah
contoh bentuk-bentuk motivasi!...........................................................
...........................................................................................................................
4. Cara
meningkatkan motivasi belajar
a. Bagaimana
cara anda meningkatkan motivasi belajar? ...........................................................................................................................
b. Coba
kerjakan pertanyaan yang ada dalam tabel berikut ini;
Lingkari
B bila Benar dan S bila salah
No
|
Pertanyaan
|
Alternatif
|
||
1.
|
Setiap datang ke sekolah, kalian
langsung menuju kelas
|
B
|
S
|
|
2.
|
Setiap datang ke sekolah, kalian
sering mampir ke kelas lain
|
B
|
S
|
|
3.
|
Setiap datang ke kelas, kalian langsungg duduk di
kursi kalian sendiri
|
B
|
S
|
|
4.
|
Setiap datang ke kelas, kalian
langsung ke kantin makan pagi
|
B
|
S
|
|
5.
|
Setiap pagi kalian menyapa teman
sekelas yang ditemui
|
B
|
S
|
|
6.
|
Setiap pagi kalian menyalami teman
sekelas yang ditemui
|
B
|
S
|
|
7.
|
Setiap bertemu teman yang
dikenal, kalian tersenyum saja
|
B
|
S
|
|
8.
|
Setiap bertemu teman, kalian diam
saja menunggu disapa
|
B
|
S
|
|
9.
|
Pada saat istirahat, kalian
sering tetap dikelas saja
|
B
|
S
|
|
10.
|
Pada saat istirahat, kalian
selalu kekantinsendiri
|
B
|
S
|
|
11.
|
Bila ke kantin selalu bersama
teman-temanmu
|
B
|
S
|
|
12.
|
Saat istirahat sering
bercakap-cakap dengan teman kelompokmu
|
B
|
S
|
|
13.
|
Tugas-tugas sekolah biasanya kalaian
kerjakan sendiri
|
B
|
S
|
|
14.
|
Tugas-tugas sekolah dikerjakan
bersama teman kalian
|
B
|
S
|
|
15.
|
Dalam bergaul selalu memilih
teman
|
B
|
S
|
|
Nilai
........................
|
Tanda
Tangan
Guru
Pembimbing
..............................
|
Ngawi,...................
Tanda
Tangan Siswa
...................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar