Rabu, 10 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BK



RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Identitas
Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Widodaren, Ngawi
Kelas/Semester            : VII/1 (Ganjil)
Jenis Layanan              : Layanan Dasar Bimbingan
Bidang Bimbingan      : Belajar
Fungsi Layanan           : Pengembangan dan Pemeliharaan
Topik                           : Motivasi Belajar
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan

B.     Kompetensi
1.      Standar Kompetensi:
Memiliki motivasi dalam belajar yang tinggi.
2.      Kompetensi Dasar:
Mampu belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat.
3.      Indikator/Tujuan Layanan            :
Setelah mendapat layanan informasi konseli dapat:
a)        Menjelaskan pengertian motivasi belajar
b)        Menyebutkan pengaruh motivasi terhadap belajar
c)        Menyebutan jenis-jenis motivasi belajar
d)       Menjelaskan cara meningkatkan motivasi belajar
4.      Nilai karakter: Disiplin, tanggung jawab, kreatif, mandiri, gemar membaca.

C.    Materi
1.      Pengertian Motivasi
2.      Pengaruh Motivasi terhadap Belajar
3.      Jenis-jenis Motivasi Belajar
4.      Cara Meningkatkan Motivasi


D.    Metode:
Diskusi dan pemberian tugas

E.     Kegiatan Bimbingan


No

Tahap

Kegiatan

Waktu
1
Pembukaan
a.    Penyampaikan salam dan mengajak berdoa
b.    Mengecek kehadiran siswa
c.    Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab berkenaan dengan materi pembelajaran atau pelayanan yang akan dibahas.
d.   Penyampaian rencana kegiatan dan tujuan pelayanan BK
10 menit
2
Transisi
a.    Penyampaian penjelasan diskusi dan pemberian tugas yang akan dilaksanakan pada kegiatan selanjutnya
b.    Pengamatan kesiapan konseli memasuki kegiatan selanjutnya
5 menit
3
Kegiatan Inti
a.    Penyampaian materi Movitasi Belajar dengan memutarkan slide
b.    Pengajuan pertanyaan kepada konseli tentang hal-hal yang belum diketahui/dikuasai
c.    Stimulasi konseli untuk merefleksikan pengalaman bimbingan yang telah diperoleh
65 menit
4
Penutup
a.    Pemberian motivasi agar konseli menyimpulkan pengalaman bimbingan yang diperoleh
b.    Pemberian motivasi agar konseli dapat mengatasi kesulitan belajar
c.    Penyampaian Lembar Kerja Konseli untuk dikerjakan dirumah sebagai tugas untuk mengetahui perolehan belajar dalam pelayanan BK
10 menit

  1. Sumber/Media
Sumber :  Modul BK :
1.      Bimbingan Konseling Belajar
2.      Panduan Belajar dan Latihan Soal Bimbingan Konseling SMP Kabupaten Ngawi
3.      Bahan dan Pelatihan Bimbingan Konseling
Media : Lembar Tugas

  1. Evaluasi
1.      Evaluasi segera dilaksanakan dengan mengobservasi aktivitas konseli pada saat melakukan diskusi
2.      Evaluasi jangka pendek dilaksanakan dengan memberi tugas kepada konseli untuk mengerjakan Lembar Kerja Konseli
3.      Instrumen Observasi :
a.       Lembar Kerja Konseli
b.      Pedoman Observasi




Catatan :
…………………………………………………………………………………………...............................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                     Ngawi, Juli 2014
Mengetahui,                                                                            Konselor,
           Kepala Sekolah                                   



 Drs. Ahmad Tohari. M.Pd                                                            Susi Susana
       NIP. 131 290 072                                                                               NIP. 13 121 026



















Lampiran 1
MATERI LAYANAN

1.         Pengertian Materi
Salah satu faktor yang mendorong seseorang untuk berperan aktif dalam melakukan sesuatu adalah dorongan atau motif. Motif berarti keadaan dalam diri. Seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain motif merupakan sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motif secara kodrat dimiliki oleh setiap manusia baik tua maupun muda. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda ada yang tinggi, ada yang rendah, ada yanng kuat dan ada yang lemah.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia motivasi adalah dorongan yang timbul padadiri seseorang secara sadar atau tidak sadaruntuk melakukan suatu tindakan untuk tujuan tertentu. Secara psikologis motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang tergerak untuk melakuakan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendaki dan ingin mendapat kepuasan dari perbuatanya.
2.         Pengaruh Motivasi terhadap Belajar
Menurut Ellis Ormond dalam bukunya berjudul Educational Psychology (dalam Panduan Belajar dan Latihan Soal BK SMP Kab. Ngawi, 2014:42) pengaruh motivasi adalah sebagai berikut :
a.       Motivasi mengarahkan seseorang untuk mecapai target
b.      Motivasi meningkatkan energi dan usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai target
c.       Motivasi mendorong seseorang untuk dapat melakukan sesuatu kegiatan
d.      Motivasi mempengaruhi prosese berpikir seseorang
e.       Motivasi menujukan konsekuensi apa yang diinginkan
f.       Motivasi meningkatkan penampilan atau prestasi
3.         Jenis-jenis Motivasi
Motivasi ada dua macam yaitu motivasi erasal dari dalam diri seseorang (intristik) dan motivasi yang berasal dari luar diri inividu (ekstrinsik).
Motivasi yang paling baik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri individu dari pada motivasi yang berasal dari luar diri individu. Misal motivasi intrinsik adalah anda mau belajar karena anda senang dan ingin mempunyai nilai yang bagus. Sedangkan ekstrinsik adalah anda belajar karena ada motif-motif tertentu, anda belajar untuk di sanjung atau diberi hadiah dari orang tua. Siswa yang memiliki motivasi secara intistik biasanya menujukkan keinginan yang lebih untuk terlibat dalam proses belajar dan pengerjaan tugas.
4.         Cara Meningkatkan Motivasi
a.       Dalam setiap usaha belajar perlu ditetapkan niat dan tujuan yang jelas
b.      Merencanakan kegiatan belajar yang baik
c.       Memahami setiap hambatan yang dihadapi dalam belajar
d.      Selalu intropeksi dan mengembangkan kesadaran untuk lebih memahami diri
e.       Mau menerima masukan dari orang lain serta linngkungan kita tinggal
f.       Memahami norma-norma tentang belajar yang baik
g.      Mempunyai rencana masa depan
h.      Berpikir positif
i.        Belajar lebih tekun
j.        Belajar dari pengalaman
k.      Belajar mandiri dan kelompok
l.        Belajar dari berbagai sumber
m.    Selalu bersyukur jika mendapat kemudahan dan keberhasilan belajar
n.      Memulai dan  mengakhiri belajar dengan doa.










Lampiran 2
TUGAS SISWA

1.      Pengertian Motivasi belajar
a.       Apa yang dimaksud dengan motivasi belajar? .................................................
...........................................................................................................................
b.      Menurut anda, agar anda mempunyai motivasi belajar yang tinggi, apa yang harus dilakukan guru untuk anda?.....................................................................
.........................................................................................................................
2.      Pengaruh motivasi terhadap belajar
a.       Menurut anda apakah setiap manusia membutuhkan motivasi? Berikan  alasanya!...........................................................................................................
b.      Coba jelaskan apa pengaruh motivasi terhadap belajar anda?..................................................................................................................
3.      Jenis-jenis motivasi belajar
a.       Sebutkan jenis-jenis motivasi!...........................................................................
.........................................................................................................................
b.      Berilah contoh bentuk-bentuk motivasi!...........................................................
...........................................................................................................................
4.      Cara meningkatkan motivasi belajar
a.       Bagaimana cara anda meningkatkan motivasi belajar? ...........................................................................................................................
b.      Coba kerjakan pertanyaan yang ada dalam tabel berikut ini;
Lingkari B bila Benar dan S bila salah

No
Pertanyaan
Alternatif

1.
Setiap datang ke sekolah, kalian langsung menuju kelas
B
S

2.
Setiap datang ke sekolah, kalian sering mampir ke kelas lain
B
S

3.
Setiap  datang ke kelas, kalian langsungg duduk di kursi kalian sendiri
B
S

4.
Setiap datang ke kelas, kalian langsung ke kantin makan pagi
B
S

5.
Setiap pagi kalian menyapa teman sekelas yang ditemui
B
S

6.
Setiap pagi kalian menyalami teman sekelas yang ditemui
B
S

7.
Setiap bertemu teman yang dikenal, kalian tersenyum saja
B
S
8.
Setiap bertemu teman, kalian diam saja menunggu disapa
B
S
9.
Pada saat istirahat, kalian sering tetap dikelas saja
B
S
10.
Pada saat istirahat, kalian selalu kekantinsendiri
B
S
11.
Bila ke kantin selalu bersama teman-temanmu
B
S
12.
Saat istirahat sering bercakap-cakap dengan teman kelompokmu
B
S
13.
Tugas-tugas sekolah biasanya kalaian kerjakan sendiri
B
S
14.
Tugas-tugas sekolah dikerjakan bersama teman kalian
B
S
15.
Dalam bergaul selalu memilih teman
B
S












Nilai



........................
Tanda Tangan
Guru Pembimbing


..............................
Ngawi,...................
Tanda Tangan Siswa


...................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar