SEGMENTASI,
MENETAPKAN TARGET,
DAN MENETAPKAN POSISI DI PASAR
GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN BERSAING.
Segmentasi Pasar
Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli
yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan
produk atau bauran pemasaran yang terpisah.
Penetapan Target Pasar.
Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan
memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.
Penempatan posisi
Mengatur produk supaya dapat menempati posisi pada
benak konsumen yang jelas, khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk
pesaing.
6. Menyusun bauran pemasaran tiap-tiap segmen.
5. Menyusun penempatan segmen-segmen yang
ditargetkan.
|
Penempatan Posisi di Pasar |
4. Memilih segmen sasaran
3. Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
|
Penetapan Target Pasar |
2. Menyusun Profil-profil segmen
1.
Mengenali basis yang digunakan
untuk mensegmentasi pasar.
|
Segmwntasi Pasar |
Gambar 4.1. Langkah-langkah dalam segmentasi,
penetapan target dan penempatan posisi.
SEGMENTASI PASAR
Tingkatan Segmentasi Pasar
Pemasaran Massal ( Tanpa
Segmentasi )
|
|
Pemasaran Segmen
|
|
Pemasaran Relung
|
|
Pemasaran Mikro ( Segmen
Penuh )
|
Pemasaran Massal, yaitu memproduksi secara
massal mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal produk
yang hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua konsumen.
Pemasaran Segmen, Memisahkan segmen-segmen
yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan
kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut.
Pemasaran Relung, Memfokuskan diri pada
subsegmen atau relung pasar yang memiliki sejumlah cirri bawaan yang khas yang
mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro, Praktek perancangan produk
dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu dan lokasi
yang spesifik yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual.
-
Pemasaran Lokal, Perancangan merk dan
promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan kelompok-kelompok
pelanggan local --- kota, pemukiman, bahkan took yang spesifik.
-
Pemasaran Individual, Perancangan produk dan program pemasaran supaya
sesuai benar dengan kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara individual. Juga
dinamakan pemasaran satu per satu ( one to one marketing ), pemasaran
yang disesuaikan dengan ( customized marketing )kebutuhan dan pemasaran
pasar yang terdiri dari satu orang ( market
of one marketing ).
Mensegmentasi Pasar Konsumen
-
Segmentasi Geografis, membagi pasar
menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah negara
bagian, kabupaten, kota atau pemukiman.
-
Segmentasi Demografis, Upaya membagi pasar menjadi sejumlah kelompok
berdasarkan variable-variabel seperti usia, gender, ukuran keluarga, siklus
hidup keluarga, pendapatan, pekerjaann, pendidikan, agama, ras dan kebangsaan.
-
Segmentasi Psikografis, Upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok
yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup atau karakteristik
kepribadian.
-
Segmentasi Perilaku, Upaya membagi suatu pasar kesejumlah kelompok
berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen terhadap
suatu produk.
Persyaratan supaya Segmentasi
Efektif.
-
Terukur
-
Dapat dijangkau
-
Substansial
-
Dapat dibedakan
-
Dapat dilakukan tindakan tertentu.
PENETAPAN TARGET
PASAR ( PASAR SASARAN )
Pasar Sasaran
Sepwerangkat pembeli yang
memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang diputuskan untuk dilayani
oleh perusahaan.
1. Mengevaluasi Segmen Pasar
-
Ukuran dan pertumbuhan segmen.
-
Daya tarik structural segmen.
-
Tujuan dan sumber daya perusahaan..
2. Memilih Segmen Pasar.
-
Pemasaran tanpa diferensiasi ( Pemasaran massal ).
Strategi peliputan pasar dimana perusahaan mungkin
memutuskan untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap-tiap segmen
pasar, dan masuk ke pasar secara keseluruhan dengan satu tawaran.
-
Pemasaran yang terdiferensiasi.
Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan
memutuskan untuk menetapkan beberapa segmen pasar atau relung pasar dan
mendesain tawaran yang terpisah bagi masing-masing segmen.
-
Pemasaran terkonsentrasi.
Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan
memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau beberapa subpasar.
3. Memilih strategi
Peliput Pasar.
-
Sumber daya yang dimiliki perusahaan.
-
Tahapan produk dalam daur hidup.
-
Homogenitas Pasar.
-
Strategi pemasaran yang dilakukan pesaing.
PENEMPATAN ( POSISIONING ) GUNA MENDAPATKAN
KEUNGGULAN BERSAING.
Posisi Produk
Merupakan cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa
atribut penting ( tempat yang diduduki
produk dalam benak konsumen dibandingkan hubungan dengan produk-produk pesaing.
Keunggulan Bersaing
Keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh karena menawarkan kepada
konsumen nilai yang lebih besar, baik melalui harga yang lebih murah atau
dengan memberikan sejumlah manfaat yang lebih banyak yang dapat dijadikan
alasan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.
Memilih Strategi
Penempatan Produk ( Posisioning )
-
Mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang
mungkin.
-
Memilih Keunggulan pasaing yang tepat.
-
Mengkomunikasikan dan menyampaikan Posisi yang
telah dipilih.
TUGAS
DAN DISKUSI !
Buatlah dasar-dasar dalam pembuatan segmentasi pasar industri yang
meliputi :
1.
Pasar Perusahaan Dagang.
2.
Pasar Pemerintah.
3.
Pasar rumah sakit, Yanyasan dan Panti-panti .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar