PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
Di
Pati Jawa Tengah
A. Sejarah PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
Garuda Food
Group berawal dari PT. Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1958
dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada tahun 1979 PT. Tudung berubah nama
menjadi PT. Tudung Putra Jaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo
Putra, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa
Indonesia merdeka.
Garuda Food
adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung (Tudung
Group). Selain Garuda Food, Tudung Group juga menaungi SNS Group (PT. Sinar
Niaga Sejahtera) bergerak di bisnis distribusi logistik, PT. Bumi Mekar Tani
(BMT) fokus di bidang plantationas, PT. Nirmala Tirta Agung (NTA) bisnis air
minum dalam kemasan kaleng bermerek Prestine, dan Global Solution Institute
(GSI) bergerak di bidang pelayanan jasa pelatihan, seminar, event organizer,
dan konsultasi manajemen.
Pada awal
1978 TPJ mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merek Kacang Garing
Garuda yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas Kacang Garuda. Kacang
Garuda memperoleh berbagai penghargaan sebagi berikut: Indonesian Customer
Satisfaction Awards (ICSA) kategori kacang bemerek delapan kali berturut-
turut (2000- 2007), Superbrands (2003), Top Brands For Kids (2004),
Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004- 2007), dan Top Brand (2007).
Tatkala
perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, Desember 1997 Garuda Food
Group mendirikan PT. Garuda Food Jaya yang memproduksi biskuit bermerek
Gery. Pada tahun 1998 Garuda Food Group
mengakuisisi PT.Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan
meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy.
Pada tahun
2000 Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Food
Putra Putri Jaya, dan Garuda Food Jaya dalam satu nama yaitu : PT. Garuda Food
Putra Putri Jaya (GPPJ).
Pada akhir
2002 TRMS meluncurkan produk minuman Jelly bermerk Okky Jelly Drink sekaligus
babak baru Garuda Food masuk ke bisnis minuman (beverages). Prestasi Okky Jelly
dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand For Kids (TBK) Award 2004
untuk kategori Jelly. Di samping TBK, Okky Jelly juga berhasil meraih IBBA
(2004- 2007) dari majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.
Pada tahun
2005 Garuda Food meluncurkan sebuah inovasi baru dalam ranah minuman kemasan
berupa teh kemasan cup yang diberi merek Mountea. Hingga tahun 2011, Mountea
telah memperoleh sejumlah penghargaan seperti Indonesia Best Brand Award, dll.
B.
Visi dan Misi PT.Garuda Food Putra Putri Jaya
(GPPJ)
1.
Visi :
“Menjadi salah satu perusahaan
terbaik di industry makanan dan minuman di Indonesia dalam aspek
profitabilitas, penjualan, dan kepuasan konsumen melalui karya yang kreatif
dari seluruh karyawan yang kompeten “.
2.
Misi :
a. Memuaskan
konsumen dengan menyediakan produk- produk makanan dan minuman berkualitas.
b. Membentuk
komunitas karyawan untuk tumbuh bersama dan mengembangkan kualitas kehidupan,
lingkungan kerja, dan pekerjaan para karyawan.
c. Menciptakan
kemanfaatan jangka panjang yang berkesinambungan dalam hubungan antara
perusahaan dengan seluruh mitra usaha.
d. Meningkatkan
nilai tambah bagi pemegang saham dengan menjalankan etika bisnis dan
pengelolaan perusahaan yang baik.
C.
Philosophy PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
1. Manusia Nilai
Untuk
memahami dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang meliputi: Kebenaran,
Perilaku Benar, Cinta, Non-Kekerasan, dan Perdamaian. Tidak melanggar larangan
agama. Ketulusan dan harmoni dalam berpikir, berbicara dan mengambil tindakan.
2.
Etika Bisnis
Menggunakan norma etika yang berlaku
di masyarakat dalam interaksi dan pengelolaan lingkungan bisnis sehingga ada
akhirnya akan "saling menguntungkan yang berkelanjutan". Juga
memperhatikan berbagai masalah yang muncul dalam misi bisnis Garudafood ini
walaupun secara formal ini bukan tanggung jawab mereka.
3.
Persatuan
Melalui Harmony
Untuk
menjaga keharmonisan dan kesatuan dengan komunitas bisnis internal (karyawan
dan pemegang saham). Untuk menjaga keseimbangan dan harmoni antara aspek bisnis
dan aspek lainnya.
4.
Kecepatan dan
Leading Change
Untuk
mempertahankan dan meningkatkan kecepatan dalam cara berpikir dan cara
bertindak. Untuk melembagakan perubahan dengan benar dan mempertahankan cakap
sehingga akan ada nilai tambah bagi perusahaan dengan kekuatan teknologi
sebagai pilar.
5.
Bekerja Cerdas
dalam Belajar Budaya
Rajin,
tekun, serius dan konsisten dalam satu karya yang terlibat di dalamnya
Menekankan proses kerja cepat, sistematis dan akurat. Selalu meningkatkan
metode dan kualitas kerja melalui pengembangan diri dalam budaya belajar terus
menerus dipelihara oleh dan bersama dengan perusahaan.
D.
The Management Board of Commissioners & Directors
E.
Prestasi PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
Garuda Kacang dan Okky Jelly
Drink Pelanggan Satisfaction Award Meraih Indonesia (ICSA) 2011
2011 - Merek
Tahap Penghargaan Top 2
2011 -
Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2011 - Satria Penghargaan
2011 - Indonesian Best Brand Award
2011 - Top Brand for Kids
2011 - Top Brand Award
2010 - Rekor Bisnis
2010 - Top Brand Award
2010 - Top Brand for Kids
2010 - Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2010 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2011 - Satria Penghargaan
2011 - Indonesian Best Brand Award
2011 - Top Brand for Kids
2011 - Top Brand Award
2010 - Rekor Bisnis
2010 - Top Brand Award
2010 - Top Brand for Kids
2010 - Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2010 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2009 -
Indonesian Best Brand Award
2009 -
penghargaan Pemasaran
2009 -
Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Top Brand for Kids
2008 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2007 - Top Brand Award
2006 - Champions The Dream Team
2006 - Marketing Award
2004 - 2006 - Indonesian Best Brand Award (IBBA)
2003 - 2006 - CEO Paling Dikagumi oleh Majalah Warta Ekonomi
2000 - 2006 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2005 - Penghargaan Marketer Muda
2004 - Ernst & Young Entrepreneur of The Year
2003 - 2004 - Superbrands
2003 - Top Brand for Kids
2003 - Pengusaha Agribisnis Penghargaan
2009 - Top Brand for Kids
2008 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2007 - Top Brand Award
2006 - Champions The Dream Team
2006 - Marketing Award
2004 - 2006 - Indonesian Best Brand Award (IBBA)
2003 - 2006 - CEO Paling Dikagumi oleh Majalah Warta Ekonomi
2000 - 2006 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2005 - Penghargaan Marketer Muda
2004 - Ernst & Young Entrepreneur of The Year
2003 - 2004 - Superbrands
2003 - Top Brand for Kids
2003 - Pengusaha Agribisnis Penghargaan
F.
Distribution Network PT.Garuda Food Putra Putri Jaya
(GPPJ)
Sebagai divisi distribusi Grup
GarudaFood, SNS memiliki banyak jumlah depot yang melayani ratusan ribu outlet
pelanggan di seluruh Indonesia. Dalam rangka memperluas jaringan, SNS juga
bekerja sama dengan distributor sub utama yang tersebar dari Aceh hingga Papua.
SNS mengembangkan jaringan dengan
menyediakan perusahaan patungan dengan perusahaan distribusi di daerah, dan
sampai sekarang cabang dan depot SNS tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Dengan jaringan distribusi yang luas nya, sejak 1994 SNS telah menjadi salah
satu distributor FMCG terbaik untuk makanan dan minuman kategori.
G.
Bagan Perusahaan Garuda Food
H.
Produk PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
1.
BY FOOD BRAND
a. Biscuit
a) Berrygood Waffle
b) Gery Saluut Malkist
c) Gery Malkist
d) Berrygood Berry Jam
e) Hollanda Butter
Cookies
f) Gery O’donuts
Chocomilk
g) Gery O’donuts
h) Tory Cheese Crackers
i) Gery Rice
Cracker Cheese Flavour
j) Gery Rice
Cracker
k) Gery Assorted
l) Tory
Cheese Cracker
m) Gery Eggroll
n) Gery Wafer Cream
o) Gery Wafer Stick dan
Stick Coklat
p) Gery Butter Cookies
q) Chocolatos Gold
Edition
r) Gery Wafer
Piramid
s) Gery Wafelatos
with Chocolate Topping
t) Gery Wafelatos
u) Enrob Wafer Cream
Saluut
v) Gery Enrob Wafer
Stick Cokluut
w) Tory Cheeselatos
x) Hollanda Butter
Cookies
b. Confectionery
a) Gery Dipstick Tray
b) Gery Chocolate Cheese
Pasta
c) Gery Pasta Coklat
d) Gery Meses
e) Okky Jelly Ice Stick
f) Gery Bischoc
g) Gery Chocolate Rice
Crispy
h) Ting Ting Original
c. Snack
a) Toya Toya Berries
b) Toya Toya Chocolate
Stick
c) Toya Toya Chocolate
d) Toya Toya Banana
Chocolate
e) Kacang Kulit Garuda
f) LEO Nacho
Cheese Corn Crisps
g) LEO Cassachips
Chicken Onion Flavor
h) LEO Cassachips
Chicken Black Pepper Flavor
i) Garuda
Roasted Flavored
j) Roasted
Three Kernels – Biga
k) Leo Seaweed
l) LEO
Original Chicken Flavor
d. Functional Drink
Super O2
e. Dailly (Liquid Milk)
a) Clevo White Choco
b) Clevo Strawberry
Flavor
c) Clevo Chocolate
Flavor
2.
BY BEVERAGES BRAND
a. Juice &
Fruit Flavour Drink
a) OKKY Koko Drink
b) OKKY Jelly Drink
Blackcurrant
c) OKKY Jelly Drink
Apple
d) OKKY Jelly Drink
Orange
e) OKKY Jelly Drink
Guava
f) OKKY Jelly
Drink Manggo
b. Jelly Milk Drink
a) Jell-O Blast
Chocolate
b) Jell-O Blast Choco
Raspberry
c. Tea Based
a) Mountea Apple
b) Mountea Blackcurrant
c) Mountea Guava
d) Mountea Strawberry
e)
Mountea Sweet Tea
d.
Coffee Based
Kopyes
3.
BY BASIC FOOD
a. Beras Setra Ramos
b.
Beras Pandan
I.
Strategi Pemasaran PT.Garuda Food Putra Putri Jaya
(GPPJ)
Sebelum menapakan jejaknya di pasar
modal pada tahun 2012, PT. Garudafood akan menguatkan mitra strategisnya
sepanjang tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sudhamek AWS., selaku
Direktur Utama PT. Garudafood saat ditemui di sela-sela peluncuran sebuah majalah
baru di Grand Indonesia kempinski, Jakarta.
Mitra strategis yang saat ini
dikejar oleh Garudafood adalah produk minuman. Sudhamek belum bisa mengatakan
pihak mana yang saat ini sedang dijajakinya untuk menjadi mitra strategis
tersebut.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, PT. Garudafood berencana
memasuki pasar modal di tahun 2012, namun sampai saat ini, PT. Garudafood masih
belum bisa mengatakan berapa banyak bagian yang akan dilepas tersebut. Sudhamek
mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini sedang menyiapkan semua hal yang
berkaitan dengan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO).
Sampai saat ini PT. Garudafood
sedang pilih-pilih rekanan untuk bisa menerbitkan saham perdana di tahun 2012.
Sampai dengan saat ini sudah ada beberapa pihak yang siap untuk menjadi rekanan
dalam menerbitkan saham.
Target pendapatan Garuda Food
sepanjang tahun ini, dikatakan oleh Sudhamek akan mencapai angka Rp. 5 triliun.
Sebagai acuan, pada tahun 2009, total pendapatan perusahaan yang diperoleh
adalah sebesar Rp 4,1 triliun. Ketika ditanya tentang laba bersih yang dicapai
sepanjang se-mester pertama tahun ini, dia tidak bisa menyebutkan angka
pastinya.
Secara umum PT. Garudafood
menargetkan penjualan mencapai Rp. 20 triliun pada 2015 melalui ekspansi pasar
di dalam dan luar negeri. Untuk pangsa pasar eskpor, produk makanan dan minuman
olahan Garudafood sudah merambah China dan India.
PT. Garudafood optimistis bisa
mencapai pertumbuhan penjualan tahun ini menjadi sebesar Rp. 5 triliun dari
pencapaian di 2009 sebesar Rp. 4,1 triliun. Ke depankan menjadi Rp. 20 triliun
pada 2015.
Penetapan target penjualan untuk
lima tahun ke depan didasarkan pada tren pertumbuhan bisnis Garudafood selama
20 tahun terakhir. Apalagi dalam beberapa tahun tearakhir juga didukung dengan
membaiknya kondisi ekonomi makro.
Begitu pula terkait perkembangan
ekonomi global, Sadhamek optimistis pertumbuhan ekonomi dunia akan meningkat
tajam dari -1,1 "ipada 2009 menjadi 3,1 % pada 2010. Pemulihan ekonomi
juga terjadi di hampir seluruh negara, dan Indonesia sendiri mematok
pertumbuhan ekonomi 5,5 % pada 2010.
Berbagai upaya dilakukan, khususnya
dengan strategi yang bertumpu pada pengembangan sumber daya manusia. Ini
akhirnya menjadi keunggulan kompetitif Garudafood untuk memenangkan persaingan
bisnis makanan dan minuman di dalam negeri. Prospek bisnis makanan dan minuman
di Indonesia masih potensial, dan ini ditunjang dengan membaiknya pasar
internasional.
Saat ini, Garudafood masuk dalam
lima besar industri makanan dan minuman di dalam negeri. Berdasarkan daia
gabungan pengusaha makanan dan minuman Seluruh Indonesia, industri makanan dan
minuman nasional tumbuh 6% pada 2009, sedangkan Garuda Food sendiri berhasil
tumbuh 16%.
PT. Garudafood menargetkan penjualan
Rp. 20 triliun pada 2015. Target tersebut akan dikejar melalui peningkatan
penjualan di pasar dalam negeri. Selain itu, ekspor atau ekspansi di
negara-negara Asia terutama China dan India juga akan terus digenjot.
Penetapan target tersebut didasarkan
pada tren pertumbuhan bisnis GarudaFood selama 20 tahun terakhir dan indikator
makroekonomi yang terus membaik, kata CEO Garudafood Group Sudhamek AWS. Target
lain yang dipatok Garudafood adalah menjadi industri makanan dan minuman
menempatkan diri sebagai perusahaan dua terbaik di bisnis makanan dan minuman
nasional.
Komisaris utama Garudafood
Dorodjatun Kuntjoro Djakti menambahkan, saat ini perusahaannya telah masuk
dalam 5 besar industri makanan dan minuman nasional. Ia pun mengungkapkan
optimisme serupa lantaran pertumbuhan Garudafood yang berada diatas rata-rata
industri nasional tahun lalu. Dorodjatun bilang, berdasarkan data GAPMMI,
industri mamin tumbuh 6% tahun lalu. Pada saat yang sama kami berhasil tumbuh
16% atau jauh diatas rata-rata, tandas Dorodjatun.
Guna mencapai target tersebut
Garudafood tetap fokus pada kategori inti bisnis makanan dan minuman dengan
pasar dalam negeri khususnya middle class sebagai fokus utama. Selain itu
Garudafood juga berniat makin ekspansif di pasar internaiomal serta penetrasi
ke kategori bisnis baru yang terlihat potensial pertumbuhannya.
Prospek Indonesia masih sangat
bagus, potensi pasar domestik kelas menengah ada setidaknya 30 juta orang dari
total masyarakat, kata Dorodjatun. India dan China juga masih jadi pasar
potensial kami hingga beberapa tahun ke depan, jadi tak ada alasan untuk tak
optimis, timpal Sudhamek.
Untuk membidik kelas menengah dengan
pendapatan yang juga terbatas, Dorodjatun bilang perusahaannya akan berinovasi
dalam pengemasan. Kami bisa memodifikasi ukuran kemasan yang lebih kecil
sehingga harga jual terjangkau, kata dia. Sementara untuk menghadapi produk
asing sekaligus memenangkan persaingan dalam negeri Garudafood akan lebih
mengedepankan cita rasa lokal. Cita rasa lokal yang kuat akan jadi non tarif
barrier yang handal juga, imbuh Dorodjatun.
Garudafood yang tahun ini genap 20
tahun kini memiliki sekitar 100 item produk dengan 20 merek andalan. Komposisi
snack dan minuman sama rata, namun sumbangan biskuit termasuk yang paling
besar, terang Sudhamek. Di seluruh Indonesia Garudafood punya 11 pabrik, dengan
105 titik distribusi yang tersebar dari Sumatera hingga Papua.
J. Struktur
Organisasi PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
Struktur Organisasi adalah suatu
susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu
organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk
mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan
kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan
aktivitas dan fungsi dibatasi (Prajudi, 1985).
K.
Status Pegawai PT.Garuda
Food Putra Putri Jaya (GPPJ)
Status pegawai terdiri dari 2 (dua)
yaitu:
1.
Tenaga Kerja
Tetap
2.
Tenaga Kerja
Kontrak
Dan ditinjau
dari upah yang dibayarkan kepada karyawan dapat dibedakan atas :
1.
Tenaga Kerja Harian
Mereka dibayarkan berdasarkan hari-
harinya bekerja tetapi upah mereka diakumulasikan sampai satu bulan sekali yang
diterima setiap tanggal 25.
2.
Tenaga Tetap
3.
Tenaga Kontrak
Ada tiga
unsur yang saling berkaitan sangat dicatat dalam perusahaan untuk eksis dan
saling menguatkan, yaitu karyawan (orang yang tepat), sistem, dan fasilitas.
Perusahaan dilihat bahwa "orang yang tepat" pada prinsipnya aset
utama perusahaan yang harus memiliki kompetensi dan juga sikap yang sehat yang
sesuai dengan budaya GarudaFood ini. Selain "orang yang tepat",
GarudaFood juga memiliki sistem yang disebut RUPS (Sistem Manajemen
GarudaFood).
L.
Rekuitmen Karyawan PT.Garuda Food Putra Putri Jaya
(GPPJ)
1.
Organization
Development (OD)
a.
Laki – laki atau Perempuan.
b.
Pendidikan minimal S1 Manajemen Sumber Daya Manusia.
c.
Menguasai Bahasa Inggris minimal pasif.
d.
IPK min 3,00.
2.
System Support
Engineer
a.
Laki – laki.
b.
Pendidikan minimal S1 Komputer, Informatika, Sistem
Informasi.
c.
IPK minimal 2,75.
d.
Menguasai MySQL, trouble shooting, jaringan / LAN,Windows. XP, Windows
2003 Server.
3.
K3 Team Leader
a.
Laki – laki.
b.
Pendidikan minimal S1 Teknik Lingkungan.
c.
IPK minimal 2,75.
d.
Aplikatif terhadap ISO 14001.
4.
Improvement
Technic Staff
a.
Pria, usia maks.27 tahun.
b.
Pendd. S1 Teknik Elektro.
c.
IPK min. 2,80 (skala 4,00).
d.
Aplikatif dengan AutoCAD, min. 2005.
5.
People
Development Staff
a.
Pria / Wanita, usia maks. 25 tahun.
b.
Pendd. S1 Psikologi.
c.
IPK min. 3,00 (skala 4,00).
d.
Menguasai alat tes psikologi.
e.
Berpengalaman di bidang rekruitmen & training.
Persyaratan
Umum Karyawan PT.Garuda
Food Putra Putri Jaya (GPPJ) :
1.
Memiliki inisiatif, kreativitas tinggi & teliti.
2.
Mampu bekerja team maupun individual.
3.
Mampu bekerja dibawah tekanan
4.
Bersedia ditempatkan di Pati Jawa Tengah
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Id.wikipedia.org/wiki/garudafood.
2.
Foursquare.com/v/pt-a-garudafood-pati-juwana-jawa
tengah.
4. Acec-ums.com/2012/04/11/pt.-garudafood-putra-putri-jaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar